Platform Platform

PLATFORM STUDI AGAMA Indonesia dikenal dengan negaranya yang berpenduduk mayoritas muslim, hal ini menjadikan Indonesia memiliki peran dalam

PLATFORM STUDI AGAMA

Indonesia dikenal dengan negaranya yang berpenduduk mayoritas muslim, hal ini menjadikan Indonesia memiliki peran dalam melestarikan agama Islam itu sendiri dengan berbagai corak yang dimilikinya. Gulen Institute dengan Platform Study Agamanya memfokuskan agendanya pada penelitian dan pengkajian mendalam agama beserta cabang-cabang ilmunya, khususnya di Indonesia, dan secara umum di dunia Islam belahan dunia lainnya, serta mengenal lebih jauh kebudayaan agung Islam sebagaimana mestinya. Demi menggapai tujuan tersebut platform ini berupaya mengadakan berbagai acara seperti kajian, ceramah ilmiah, penelitian, seminar, panel, konferensi, simposium, kegiatan fellowship baik di dalam maupun di luar negeri, penerbitan buku, dan lain-lainnya.

PLATFORM RISET AKADEMIK

Di antara visi dan misi Gulen Institute adalah dengan menjadi perantara dan fasilitator bagi para akademisi yang berniat melakukan penelitian mendalam tentang berbagai ilmu pengetahuan umum, dan untuk dapat berpartisipasi dalam  mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemikiran-pemikiran ilmiah  khususnya di Indonesia, dan secara umum di seluruh dunia. Dan untuk dapat melaksanakan tujuan tersebut, Gulen Institute dengan Platform Akademiknya mempunyai berbagai agenda seperti penelitian, seminar, konferensi, simposium, workshop, kegiatan fellowship, dan lain-lain. Dan acara-acara tersebut di atas akan diadakan baik di dalam maupun di luar negeri.

PLATFORM DIALOG

Indonesia dikenal dengan negerinya yang penuh dengan kemajemukan di segala bidang, baik suku, budaya, maupun bahasa. Berangkat dari kenyataan tersebut maka kita dituntut untuk dapat hidup berdampingan dalam perdamaian dan keharmonisan. Dan Gulen Institute yang mengangkat slogan Devotion- Integrity- Cooperation- Peace berkeinginan menjadi bagian dari tujuan mulia tersebut dengan berbagai kegiatan yang diadakannya semisal forum diskusi keberagaman dalam persatuan (seperti Indonesia yang mengangkat semboyan Bhinneka Tunggal Ika), forum berkumpul dengan semua orang atas azaz kemanusiaan guna mengadakan kerjasama untuk menemukan solusi atas  permasalahan bersama, dan lain-lain.

PLATFORM PEREMPUAN

Sebagai seorang ibu, istri, saudari, dan teman, perempuan memiliki perannya dalam mewarnai dan melukis keindahan di setiap aspek kehidupan ini. Di Indonesia sumbangsih dan partisipasi  perempuan tak dapat dinafikan, ia memegang peran yang sangat penting dalam hidup bermasyarakat, sebuah pepatah mengatakan bahwa “wanita adalah tiang negara”. Berdasarkan kenyataan yang tak dapat dipungkiri ini, wanita dengan berbagai keistimewaannya diharap dapat menjadi bagian dari Gulen Institute. Dalam hal pemberdayaan perempuan Gulen Institute mengadakan berbagai kegiatan yang berorientasi pada pendidikan keluarga, anak, dan lingkungan masyarakat; seperti kursus kerajinan tangan, bakti sosial, seminar keluarga dan anak, konferensi, dan lain-lain.

PLATFORM HAK ASASI MANUSIA

Seorang ahli hikmah mengatakan bahwa “Aku dapat hidup tanpa nasi, namun aku tidak dapat hidup tanpa hak asasi”. Begitulah, betapa pentingnya hak asasi bagi manusia; hak hidup, hak menentukan pilihan, hak bersuara, hak berkeyakinan, dan hak-hak yang lain, karena secara fitrah manusia dilahirkan dalam keadaan merdeka tanpa beban dan paksaan. telah lebih dari tujuh puluh dua tahun Indonesia merdeka dari penjajah koloni, namun secara keseluruhan, kita belum bisa merdeka dari berbagai penjajahan yang lain. Dalam hal menyuarakan dan mendukung tegaknya hak asasi manusia di Indonesia, Gulen Institute berupaya melakukan kegiatan semisal panel, konferensi, simposium yang berkaitan dengan HAM, menjadi anggota dan mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga HAM demi tegaknya hak asasi, baik di dalam maupun di luar negeri, dan lain-lain.

PLATFORM MEDIA

Tak dapat dipungkiri bahwa media telah menjadi kebutuhan primer bagi manusia masa kini. Jika dahulu kebutuhan primer hanya terbagi menjadi tiga, yakni sandang, pangan, dan papan; namun informasi dan berita juga telah menjadi santapan yang penting bagi kita saat ini. Oleh karena itu Gulen Institute dengan Platform Medianya berupaya menjadi bagian dari kemajuan teknologi di bidang informatika ini, menyuarakan kebebasan pers, menghadirkan program dan informasi yang bermanfaat dan berimbang bagi masyarakat Indonesia, menayangkan berbagai acara menarik dan mendidik generasi masa kini.  Yakni media yang mengedepankan asas kebenaran dan kejujuran dalam menyampaikan berita dan informasi.

PLATFORM BOGOR

Platform Bogor bertujuan menjadi sebuah wadah bagi para akademisi, intelektual, cendekia, aktifis, ilmuwan Indonesia khususnya, dan mancanegara secara umum, yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat dan berbagai aspek kehidupannya serta berbagai macam problematika yang melandanya, baik dari segi ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, politik, dan lain-lain. Platform ini memfasilitasi mereka untuk berkumpul dalam satu forum, panel, konferensi, dan simposium  guna membahas permasalahan-permasalahan tersebut serta mencarikan solusi efektif yang tepat untuk diterapkan dan diimplementasikan.

PLATFORM ULURAN TANGAN

Pepatah mengatakan “Dunia ini adalah tempat ujian dan musibah”. Manusia diciptakan untuk mengarungi kehidupan ini beserta lika-likunya yang melintang, adakalanya ujian dan cobaan berupa bencana alam maupun yang lainnya. Dalam hal bencana alam yang terjadi di Indonesia kerap meninggalkan luka mendalam di hati para korbannya, namun dengan uluran tangan sesama, ujian tersebut akan menjadi mudah untuk dilalui. Gulen Institute berupaya menjadi bagian dalam meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah tersebut dengan mengadakan program uluran tangan, posko bantuan bencana dan penggalangan dana, memberikan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu, dan lain sebagainya.